www.ajigong.com

Ngaesty Ono Pamuji

Teknik Presentasi Yang Sangat Baik


Presentasi adalah suatu komunikasi dari komikator kepada komunikan yang memberikan seputar informasi baik yang berkaitan sebuah produk, acara, kegiatan dll. Presentasi itu sudah marak terjadi mungkin sudah dilakukan sejak masa sekolah dalam kategori tugas atau praktek, bahkan kuliah pun menggunakan presentasi dari tugas maupun sidang.


Penulis akan memberikan teknik presentasi agar pembaca pun merasakan puasnya presentasi bahkan  mendapatkan hasil yang memuaskan pula bagi pembawa dan audience/penerima. Berikut ini adalah teknik Presentasi:

Persiapkan Diri Anda
jika anda mempunyai jadwal untuk membawakan presentasi maka anda harus mempersiapkan semuanya, dari materi yang akan di sampaikan, baju yang di pakai, kepada siapa tujuan anda presentasi dan intinya jangan menyepelekan/menggampangkan bahwa presentasi itu mudah. 
Tidak Melihat Slide Presentasi/Kertas
Usahakan jika presentasi tidak terpacu dengan kertas atau pun slide, karena itu semua berpengaruh kepada audience yang merasa tidak diperhatikan.
Menggunakan Bahasa Yang Baku
Dalam presentasi harus menggunakan bahasa yang resmi/mengandung EYD, tetapi harus melihat juga dengan kondisi tersebut. Jika presentasi yang hanya menjuru kepada anak-anak muda di usahakan untuk menyesuaikan saja.
Memberikan Games/Ice Breaker
Audience merasa  bosan dan mengantuk ketika adanya presentasi yang sangat lama dan membosankan, usakan dalam presentasi di tengah-tengah presentasi membuat games untuk para audience. Selain games bisa juga sebuah pemanasan/perenggangan.
Berikan Jawaban Yang Singkat Padat Dan Jelas
Jika mengadakan sesi tanya jawab setelah presentasi maka harus menjawab dengan singkat padat dan jelas dalam topik pembahasan yang di presentasikan, mengapa demikian? karena agar dimengerti oleh audience dan audience pun tidak akan bertanya kembali. Audience yang ingin bertanya pun juga banyak, intinya untuk mempersingkat waktu dalam sesi tanya jawab.
 Tidak Kaku Dalam Presentasi
Presentasi yang nikmat ialah menggunakan body language yang lepas bebas. Ini berpengaruh kepada audience, jika mempresentasikan dengan kaku maka audience pun melihatnya tidak enak pula.

Terimakasih mungkin itu saja yang bisa di berikan. kurang lebih nya mohon maaf.
Previous
Next Post »

Tulis Pendapat Kalian ConversionConversion EmoticonEmoticon

Diberdayakan oleh Blogger.